Thursday, January 29, 2009

STATUS PALSU

Separuh hati denganmu
Kujalani cintaku
Berusaha tuk jadi kekasih
Aku menipu dirimu
Ku bilang cinta padamu
Tapi dariku itu yang terbaik
Kau bukan pilihan
Karena ku tak sedikitpun hasratku padamu


Apa yang ada di kepala kamu ketika mendengar tembang dari Vidi Aldiano yang dikasih ngaran "Status Palsu" tersebut? Mungkin, menurut kamu lagu tersebut menceritakan tentang seorang laki-laki yang tidak mau kelamaan disebut jomblo sehingga dengan terpaksa dia menjalin cinta dengan seorang perempuan meski sebenarnya dia tidak terlalu cinta dengan perempuan tersebut. Benarkah demikian? Coba perhatikan baris terakhir bait pertama lirik lagu Vidi tersebut di atas. "Karena ku tak sedikitpun hasratku padamu." Di kepala penulis, baris tersebut seperti berkata bahwa aku tidak memiliki hasrat (secara seksual, tentu saja) sedikitpun pada wanita. Know what i mean?

Terpaksa aku mencintai dirimu
Hanya untuk status palsu
Setengah hati kujalani cinta
Karena aku tak suka denganmu
Kuberikan cintaku
Meski tak stulus hatiku


Faktanya, banyak sekali laki-laki gay yang terjebak dalam situasi seperti tersebut di atas. Mereka (dengan berbagai alasan) akhirnya menjalin cinta atau bahkan pernikahan dengan seorang perempuan hanya demi menyenangkan pihak-pihak tertentu dengan mengorbankan kebahagiaan pribadinya. Kalau sudah begini, apa lagi sebutan yang pas selain status palsu percintaan atau pernikahan tersebut?

Kuharapkan engkau tak pernah tau
Rasa cintaku padamu
Hanya dibibir saja
Tak sedikitpun hati bicara
Semoga selama ini
Kau tak tau bahwa sesungguhnya
Aku tak mencinta


Setengah mati seorang gay akan merahasiakan jati diri yang sebenarnya, salah satunya adalah dengan jalan pernikahan. Pertanyaanya, apakah dengan pernikahan, maka secara otomatis petualangan cinta sesama jenisnya berakhir? Penulis tidak berani berkata ya atau tidak. Yang jelas, dua teman dekat penulis yang telah menikah masih tetap berpetualang seks (dengan sesama jenis) walaupun telah beristri dan dikaruniai keturunan. Jadi, bagi mereka yang mau bertobat (pensiun dari dunia gay) dengan jalan menikah, jangan terlalu yakin bisa keluar dari dunia gay, sepenuhnya. Just in case.

Jika aku bisa menjadi lelaki pujaan
Yang selalu engkau impikan


Bukan bermaksud mengatakan bahwa Vidi Aldiano atau sang pencipta lagu sebagai penyuka sesama jenis. Sekali lagi, bukan! Penulis hanya exciting mendengarkan lagu-lagu yang bisa mewakili kehidupan percintaan sesama jenis. Setelah sebelumnya Rako Prijanto dengan tembang "Cinta Terlarang" dan Pinkan Mamboo dengan "Wanita Terindah" yang secara terang-terangan membawakan lagu bertema percintaan sesama jenis, sudah saatnya penyanyi atau penulis lagu yang lainnya membawakan atau menciptakan lagu setema dan jangan khawatir orang akan mencibir.

Terpaksa aku mencintai dirimu
Hanya untuk status palsu
Setengah hati kujalani cinta
Karena aku tak suka denganmu
Kuberikan cintaku
Meski tak stulus hatiku

1 comment:

Anonymous said...

Kemaren baru nemu satu lagu lagi tentang cinta sejenis. Yang nyanyi Bintang Tamu, judulnya "Cinta Sejenis". Tapi asli, offensive banget tuh...