Monday, February 11, 2008

5 ALASAN MENGAPA TIDAK BISA BERTEMAN DENGAN MANTAN

Tidak selamanya drama percintaan berakhir kebahagiaan. Ada kalanya, kita ditinggalkan ataupun meninggalkan pasangan demi kebahagiaan masing-masing. Walau tidak menutup kemungkinan balikan kelak satu hari, perpisahan tetap menjadi pil pahit percintaan yang mau tidak mau harus kita telan. Tidak jelasnya tujuan percintaan (dalam dunia hetero, tujuan tersebut diterjemahkan sebagai pernikahan), membuat percintaan kaum gay menjadi sangat rentan terhadap perpecahan.

The question is: When it comes to separation, do we really can make a friendship with our ex? Pendapatpun terbagi dua. Sebagian orang menyatakan bahwa kalau kita sudah tidak dapat menjalin hubungan percintaan, kenapa tidak membangun persahabatan. Ini demi menghargai kenangan indah yang selama ini dirasakan bersama. Kita tidak diperkenankan membenci mantan secara berlebihan. Toh, dia adalah orang yang pernah membuat kita tertwa.

Sebagian yang lain menyatakan bahwa berteman dengan mantan adalah sesuatu yang mustahil diwujudkan. Berikut beberapa alasannya:
  1. Ketika perpisahan terjadi karena perselingkuhan misalnya, kita tidak akan bisa melihat muka orang yang kita percayai yang ternyata telah berkhianat. Mengetahui dibohongi membuat kita merasa seperti orang paling bodoh di dunia. Bukan hanya rasa percaya kepada pasangan, rasa percaya pada diri sendirupun sontak luluh lantak mengingat semua kebohongan yang pernah ia lakukan. Kemudian kita disuruh berteman dengan orang yang telah meruntuhkan rasa percaya diri, we don't think so.
  2. Ketika perpisahkan terjadi dengan baik-baik, berteman dengan mantan beresiko memunculkan salah sangka. Terkadang perbuatan baik kita kepada mantan diterjemahkan sebagai rasa-cinta-yang-masih-ada. Ketika kemudian hal itu dibicarakan dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan, maka timbullah kekecewaan. Canggung adalah sesuatu yang muncul kemudian. Sementara tidak ada kata canggung dalam pertemanan, bukan?
  3. Ketika mantan sudah memiliki pengganti terlebih dahulu dibanding kita, yakin kita tidak akan bisa menerima kenyataan tersebut. Ini menyadarkan kita pada satu hal bahwa perpisahan tidak membuatnya sedih berlarut-larut seperti yang terjadi pada kita. Menyadari bahwa ia telah melanjutkan hidup, membuat kita desperate. Dan sebagai teman, mampukan kita mendengar cerita bahagia mereka?
  4. Ketika kita telah memiliki pengganti dan masih berhubungan (sebagai teman) dengan mantan, hal itu dapat mendatangkan cemburu pada pasangan kita. Kita bisa saja menjelaskan kejadian yang sebenarnya (bahwa kita hanya berteman), tapi tetap saja mengetahui bahwa bahwa ada sejarah dinatara kita berdua membuat pasangan terbakar api cemburu. Apakah kita mau mengambil resiko melukai hubungan yang kita miliki karena sejarah usang?
  5. Ketika hubungan mantan kita dengan pacar barunya terganggu, bukan tidak mungkin kita akan dijadikan tempat curhat pacar mantan kita. Ketika kesalan ada pada mantan kita, yang paling enak kita lakukan adalah membeberkan semua aib mantan untuk memanas-manasi keadaan. Namun demikian, sebagai teman kita tidak diperkenankan melakukan hal itu. Terus, bisakah kita melakukan tugas maha berat itu?

Ah, mantan... Seharusnya ada planet khusus dimana kita dapat mengirim mantan-mantan kita agar tidak lagi mengganggu hidup kita. Biarkan mereka mereka merenungi semua kesalahan di planet tersebut. Bukan hanya itu, berkumpulnya mantan-mantan kita di satu tempat memberikan mereka peluang untuk mengenang betapa baiknya kita sebagai pasangan. Mereka akan bertukar cerita betapa cinta yang mereka sia-siakan adalah sesuatu yang mahal dan tidak dapat diabaikan begitu saja. Dan merekapun menangis karenanya. Dan tidak ada yang dapat kita lakukan kecuali mengucapkan selamat datang di planet mantan.

2 comments:

the13 said...

graet author..
too based on true story..? cos not an everycase people sholud see their ex like that, enjoy good relation ship with Ex sounds great. well our X are the most people knows you better than other, they know in every ink in your body right.
had your ex it doesn`t mean u will not go to blablabla....

just thru my eyes

(Al)

Blogger said...

If you would like an alternative to casually flirting with girls and trying to figure out the right thing to say...

If you'd rather have women pick YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and night clubs...

Then I urge you to view this eye-opening video to learn a weird secret that has the power to get you your very own harem of beautiful women just 24 hours from now:

FACEBOOK SEDUCTION SYSTEM!!!