Sunday, February 15, 2009

HAPPY VALENTINE'S DAY

Kado apa yang paling didambakan seorang gay di hari Valentine? Apakah sekotak coklat, sebuket mawar, a romantic candle light dinner, atau sebuah cincin yang menandakan peningkatan sebuah hubungan ke level selanjutnya yang lebih tinggi? Sounds so Hollywood, doesn't it?

Bagi kamu (gay, red.) yang mendambakan keempat hal tersebut di atas sebagai kado di hari Valentine, bersiap-siaplah kecewa. Dunia gay adalah sebuah realita yang nampaknya sangat jauh dari romantika drama. Termasuk di dalamnya adalah pernik percintaan hetero yang kaya akan statement "Engkaulah belahan jiwaku." atau "Aku tidak bisa hidup tanpamu." atau "Aku akan menghabiskan sisa umurku bersamamu." atau "Belahlah dadaku." atau "Aku rela walau hidup di gubuk derita dan makan sepiring berdua." Ah, please...

Dalam percintaan homoseksual, kita tidak akan mendapatkan jaminan tidak ada tangis, selalu ada ketika salah satu membutuhkan kehadiran yang lain, orang lain (terutama mereka yang mengaku straight) mengerti hubungan yang dijalin, serta jaminan happy anding and live happily ever after. Yang ada hanyalah dua orang yang tertarik satu sama lain dan mencoba mempertahankan hubungan tersebut (dengan berbagai kendalam dan masalah di dalamnya) selama mungkin.

Kalau sudah begini; sekotak coklat, sebuket mawar, a romantic candle light dinner, atau sebuah cincin tidak terlalu meakili ungkapan cinta di hari Kasih Sayang ini. Apakah dengan demikian, gay sangat anti hari Valentine? Tidak juga. Gay tetap merayakan Pink ini, hanya saja mereka memiliki caranya tersendiri yang jauh dari pernik keumuman perayaan Valentine.

Kalau gay juga merayakan hari Valentine, lantas kado apa yang paling mereka harapkan di hari kasih sayang ini. Tidak lain adalah sebuah kepastikan bahwa dia masih mencintai dan dicintai yang dapat ia jadikan pegangan untuk memperjuangkan hubungan percintaan tersebut. Ya, seorang gay tidak memerlukan sekotak coklat, sebuket mawar, a romantic candle light dinner, atau sebuah cincin. Yang ia dambakan hanyalah kepastikan cinta. Ah...

Happy Valentine's day, anyway...

1 comment:

Anonymous said...

happy valentine,enok