Friday, March 12, 2010

SOUND GAY, ISN'T IT?

Bebarapa hal kerap di katakan atau dilakukan oleh kaum hetero yang terdengar atau terlihat gay. Well, at least for the author. Tak heran ketika kemudian penulis berfantasi mengenai ucapan dan perbuatan tersebut yang meski pada dasarnya lurus-lurus saja tapi tidak demikian halnya terjemahan di otak penulis. Berikut beberapa hal tersebut.

Pernah suatu kali salah seorang pejabat negeri ini(demi ketertiban umum, penulis tidak menyebutkan nama dan jabatan yang bersangkutan) mengucapkan, "Marilah kita mencintai sesama." Well, could it be anymore quereer? Tanpa bermaksud menuduh atau membelokkan makana pidato pejabat tersebut, penulis seperti mendengar restu bagi kaum homoseksual. Dalam imaji penulis, lanjutan pidato sang pejabat adalah peresmian undang-undang pernikahan sejenis serta perlindungan hak-hak kaum gay.

Salah sebuah negara di Timur Tengah mentradisikan sium pipi kiri dan kanan sebagai greeting yang di Indonesia dilambangkan dengan jabat tangan. Yang lebih menarik, cium pipi tersebut hanya berlaku untuk kaum pria dengan pria karena wanita (yang bukan muhrim) terlarang untuk disentuh apalagi disosor semacam itu. Wow! Wild isn't it? Pipi dan bibir jaraknya berdekatan, lho? Is that any possibility that that kissed lips on lips instead of cheek?

Superhero (bertopeng) kerap memiliki dua identitas berbeda. Di satu sisi dia adalah superhero berkekuatan luar bisa yang dapat menghalau semua tindak kejahatan musuh-musuhnya. Di sisi lain dia adalah seorang pengantar pizza, penulis berkacamata tebal, ataupun karyawati pecundang di sebuah perusahaan kosmetik. Mereka dipuja dengan semua tindakan heroiknya dan pada saat yang bersamaan kerap terabaikan atau bahkan teraniaya. Well, kehidupan gay tidak ubahnya seperti superhero dengan dualisme kepriabadian seperti tersebut di atas. Seperti superhero, kadang seorang gay dapat membuat karya-karya yang diakui manfaatnya bagi orang banyak. Namun demikian, ia harus menyembunyikan identitasnya demi ketertiban umum.

Statemen yang menyatakan "Hormati Perbedaan" terkadang hanya ditujukan untuk persamaan hak (lelaki dan perempuan), status sosial, suku bangsa, serta agama. Seorang tokoh pejuang HAM akan berteriak lantamg untuk kalimat tersebut di atas. Namun ketika homoseksualitas dimasukkan dalam pointer penjabaran kalimat tersebut, penulis ragu orang yang bersangkutan masih berteriak selantang itu. Ya, menghormati perbedaan tidak termasuk untuk kaum gay yang masih dipandang abnormal. Namun demikian, tetap saja penulis akan menerjemahkan kalimat hormati perbedaan tersebut dengan kalimat hormati kaum gay.

Dalam salah satu adegan serial SUPERNATURAL, kakak beradik Dean (diperankan oleh Jensen Ackles) dan Sam Winchester (diperankan oleh Jared Padalecki) yang saling melindungi satu sama lain terlihat begitu romantis untuk pasangan kakak adik. Dean (sang kakak) pernah berkata kepada adiknya (dengan jarak wajah yang teramat dekat), "Aku akan selalu menjaga dan melindungimu." Ah... So sweet. Kalau sudah demikian, sue me if I imagine the next scene is their love scene. Would be (and should be) HOT!

1 comment:

Anonymous said...

Fujoushi'a SamxDean kan banyaak XDDD


Pernah baca fanfiction mereka?

Oia,
Fujoushi itu semacam fangirls yg memuja pairing Boys Love/BL. Terutama dalam fandom Jejepangan xDD